RSS Home

Minggu, 30 Mei 2010

Jangan asal copas!!!

Pernahkah Anda menemukan beberapa blog yang tulisannya (posting) mirip bahkan benar-benar sama? Saya pernah bahkan sering. Dari awal sampai akhir yang saya baca bahkan sama, tidak ada perbedaan sama sekali termasuk pada tanda baca yang digunakan. Hal itulah yang kemudian mendorong saya untuk menulis mengenai masalah ini...

"Jangan asal copas !"... alias copy-paste tulisan orang lain... Mengapa??? membingungkan


Budaya blogging sudah menjamur di bumi pertiwi kita ini. Bahkan banyak di antaranya yang sukses (sukses disini maksudnya blog tersebut selalu up-to-date alias selalu diurusin sama yang punya dan isinya t.o.p lega). Tetapi tak sedikit pula yang terlantar. Pemilik tidak pernah menulis lagi, tidak pernah mengurusi lagi, bahkan blog tersebut tidak pernah dibuka lagi sama sekali (parahnya, blog tersebut dibuat hanya sekedar agar dapat memberikan komentar kepada blog lain tertawa). Ada banyak faktor yang menyebabkan 'matinya' blog. Tapi kali ini saya tidak akan membahas tentang itu.


Perlu kita ingat bahwa yang menjadi poin terpenting dalam dunia blog adalah menulis. Menulis tidak semudah seperti yang sering kita bayangkan. Menulis itu memerlukan proses berpikir. Jangan menganggap bahwa setelah login ke blog, lalu klik 'new post' atau 'tulis baru', kita dapat langsung mengetik sebuah posting yang layak untuk dibaca. Yang saya maksud dengan layak tersebut adalah tulisan yang bermanfaat dan disukai oleh pembaca. Bukan hanya sekedar menulis susunan abjad saja!


Faktor utama yang mendukung kita untuk menulis adalah ide. Kadang-kadang ide tersebut muncul begitu saja di pikiran kita sehingga seolah-olah kata-kata mengalir melewati jari-jari pada saat kita mengetikkannya. Tetapi terkadang kita tidak memiliki ide sama sekali dan bingung mengenai apa yang akan kita tulis. Mungkin hal itulah yang menyebabkan para blogger asal comot tulisan orang pukul.

Bila sedang kehabisan ide, maka sah-sah saja kita melakukan blogwalking dari satu blog ke blog lain untuk mencari ide. Tidak ada aturan dalam dunia blog bahwa ide-ide tulisan blog yang satu dengan blog lain harus berbeda. Kita dapat menggunakan ide yang sama dengan blogger yang lain tetapi sebisa mungkin hindarilah copas! Tulislah dengan menggunakan kalimat-kalimatmu sendiri bahkan bila perlu gunakan sudut pandang yang berbeda. Serta kita dapat memperluas wawasan dengan cara mencarinya dari berbagai sumber dan menambahkannya ke dalam tulisan kita. Apabila tulisan tersebut memang menuntut kita untuk copas (kadang-kadang ada info-info penting yang tidak dapat diedit), menurut saya silakan saja. Tetapi saya perlu menegaskan bahwa kita harus dapat menghargai karya orang lain. Hargailah tulisan orang lain. Pikirkanlah perasaannya apabila kita hanya melakukan copas pada tulisannya. Sedangkan kita saja susah untuk mendapatkan ide yang bagus. Bayangkan saja seandainya tulisan kita yang sudah susah payah kita buat dibajak begitu saja oleh orang lain.

Bagaimanakah menurut Anda ragu ?

0 komentar:

Blinkie Text Generator at TextSpace.net

enjoy using these cute emoticons
by copying the code beside the pictures
yihaaaaaaaaa


p-dukung p-angkuh p-licik p-shock
p-mohon p-dingin p-nyerah p-diam
p-menarik p-dach p-nangis p-cool
p-hihihi p-yakin p-sedih p-kacau
p-bingung p-marah p-uang p-ragu

p-hati
p-linang p-malu p-thanks
p-pukul p-ketawa p-muntah p-tampar
p-amuk p-lemas p-takut p-lelah
p-sweat p-lega p-kuatir p-senyum
p-kecup p-bunga p-?? p-victory
p-camen p-kabur p-bibir p-malu2
p-tidur p-pup p-gila p-darah
p-ssh p-lucu

Posting Komentar